BATU MUTIARA

ASAL DAN SEJARAH BATU MUTIARA

Proses awal terbentuknya batu permata asli diawali masuknya benda seperti pasir dan butiran atau lainnya kedalam kerang,hingga masuk kedalam tempurung kerang maka secara alamiah kerang akan menyelimuti lapis demi lapis dengan memakan waktu yang sangat lama,apabila proses ini terjadi dengan alami maka mutiara yang terbentuk akan menjadi sempurna.
Karena pasokan batu mutiara yang langka, maka disiasatilah dengan cara pembudidayaan batu mutiara yaitu caranya tidak beda jauh dengan proses batu mutiara asli, melainkan dengan dengan memasukan pasir kedalam cangkang kerang tersebut,selang beberapa tahun biasanya 2-3 tahun si tiram tadi akan dibelah maka sudah ada bongkahan kecil mutiara,dan secara kasat mata hasilnya tidak ada yang beda dengan proses alamiah,
Awal mula cara pembudidayaan ini ini ditemukan oleh orang Jepang di awal abad yang lalu. Dan jepang  juga mengembangkan usahanya di negara-negara lain di kawasan pasifik dan lautan Hindia .dan  Indonesia juga sebagai areal potensial budidaya mutiara telah menjadi  salah satu negara penghasil mutiara utama dunia bersama Jepang, China dan Australia.
Jenis-jenis kerang penghasil mutiara yang terdapat di Indonesia diantaranya, yaitu Pinctada maxima, Pintada maxima, Pinctada margaritefera, Pinctada fucata, Pinctada chimnitzii, dan Pteria penguin.tempat budidaya mutiara di indonesia dapat dijumpai di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara dan Papua.
JENIS DAN MACAM BATU MUTIARA
Batu Mutiara HitamBatu Mutiara HitamBatu Mutiara LautBatu Mutiara LautBatu Mutiara KelapaBatu Mutiara KelapaBatu Mutiara Kerang Laut 
Batu Mutiara Kerang Laut Batu Mutiara IkanBatu Mutiara IkanBatu Mutiara EmbunBatu Mutiara EmbunBatu Mutiara Merah
Batu Mutiara MerahBatu Mutiara Pasirmutiara pasirBatu Mutiara KarangBatu Mutiara Karang
HARGA BATU MUTIARA
Karena keindahan yang dimiliki membuat batu mutiara ini menjadi incaran, bahkan dalam sebuah lelang  kalung mutiara terjual dengan harga sampai Rp. 2,5 milyar.
Mengenai bentuk bongkahan, batu mutiara tidak memiliki bentuk bongkahan,melainkan hanya butiran –butiran kecil.
CIRI MUTIARA ASLI
Berikut ciri-ciri Batu mutiara asli :
  • Mutiara asli cemderung mempunyai permukaan yang berpasir, sedangkan mutiara imitasi mempunyai permukaan yang licin
  • Jika diperiksa dengan kaca pembesar di bawah 64 – daya pembesaran. Mutiara asli akan terlihat halus, bersisik, dan seperti labirin, sedangkan mutiara palsu terlihat kasar atau berbintik-bintik.
  • Mutiara Asli memiliki sinar dari dalam dan pemukaan yang alami dan terlihat bening, sedang kan mutiara yang palsu memiliki permukaan yang merata dan bisa di lihat permukaan nya seperti semprotan pewarna.
  • Mutiara Asli itu tidak mudah tergores karna terbuat dari kalsium
  • Ada spot (titik) 1 atau lebih dalam permukaan
  • Mutiara asli mempunyai sinar tidak merata

CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU MUTIARA
Berikut cara merawat Batu mutiara :
  • Jauhkan dari bahan kimia
  • Untuk membersihkannya dianjurkan menggunakan bahan yang lembut
  • Bersihkan dengan produk pembersih khusus untuk mutiara
  • Untuk tempat penyimpanan, pisahkan dengan perhiasan kain karena untuk menghindari gesekan.
KHASIAT, KEGUNAAN, FUNGSI, FAEDAH, MANFAAT, MITOS DAN RAHASIA BATU MUTIARA
Adapun khasiat, kegunaan, fungsi, faedah, manfaat, mitos dan rahasia yang terdapat pada Batu Mutiara antara lain :
  • Membawa berkahkeberuntungan
  • Menjaga kehormatan wanita.
  • Menambah kecantikan dan kesuburan
Tapi masalah kepercayaan adalah masalah pribadi, tergantung masing-masing orang. Kalaupun batu Mutiara memiliki khasiat, itu adalah anugrah dari Tuhan Yang Maha Kuasa – bukan semata-mata kekuatan batu itu sendiri.

0 Komentar